KEMITRAAN BERBASIS KOMUNITAS DI ASIA DALAM PENANGANAN PERMUKIMAN KUMUH (Sumber : United Nations Economic and Social Commission for Asia and the Pacific dan United Nations Human Settlements Programme, 2008)
A.
Kemitraan Dengan Organisasi Komunitas Dalam Hal
Perumahan di Kota Phnom Penh, Kamboja
Kota
Phnom Penh, Kamboja, bisa menjadi contoh bagus kemitraan antara komunitas
miskin yang tertata dengan pemerintah distrik, kota, dan nasional (dengan
dukungan UPDF, dana pembangunan komunitas lokal), yang mampu menciptakan
kesempatan menyediakan perumahan layak dan aman bagi warga kota yang termiskin
– melawan konteks penggusuran sebagai satu-satunya strategi perumahan.
Kamboja,
tak seperti tetangganya Thailand dan Vietnam, belum memiliki sistem pendukung
bagi kaum miskin: tak ada dewan perumahan, kementrian perumahan, mekanisme
legislatif untuk mengesahkan permukiman informal, mauun program pemerintah
untuk menyediakan sarana dasar atau mendukung upaya masyarakat meningkatkan
kondisi permukiman mereka. Hampir tak ada dana perumahan bagi sektor manapun –
kaum miskin maupun kelas menengah. Dan kota yang telah banyak terbebani
tantangan seperti pengendalian banjir, kriminalitas, dan pembangunan ekonomi,
kesulitan merespon kebutuhan populasi miskin kota yang meningkat.
Namun
sejak 1998, jaringan kelompok simpan pinjam miskin perkotaan bekerja dengan
pejabat distrik dan desa mengembangkan proyek perbaikan perumahan dan
permukiman bagi hampir sepertiga komunitas miskin kota. Dengan pinjaman
perumahan ringan dan hibah perbaikan UPDF, komunitas ini merencanakan,
membangun, mengelola, dan membayar 3.000 rumah di 108 komunitas – semua dalam
sebuah kota yang tak menawarkan pilihan lain bagi perumahan masyarakat miskin (UPDF/ACHR).
Selama
15 tahun komunitas rumah tangga miskin bercokol pada lahan di Prek Toel,
bersebelahan dengan pembuangan sampah Phnom Penh di Distrik Mean Cheay.
Kebanyakan memperoleh penghasilan dari memulung, memilah, dan menjual sampah
daur ulang dari tumpukan buangan (anak-anak pun ikut bekerja) dan mendapatkan
USD 1-2 per hari. Kondisi hidup buruk: tak ada kakus, drainase ataupun jalan,
dan banjir kerap menghadang. Saat komunitas ini harus digusur tahun 2003,
jaringan komunitas Phnom Penh membantu membangun kelompok simpan pinjam harian
dan mulai mencari lahan di sekitar yang akhirnya dapat mereka beli. Melalui
jaringan simpan pinjam, kota mendengar kasus tersebut dan setuju mendukung
upaya perumahan swadaya masyarakat dan membeli lahan dekat lokasi untuk pemindahan
permukiman, sesuai dengan pilihan masyarakat.
Dalam
menangani masalah yang ada, masyarakat membentuk satu komunitas yang
mengpayakan ketersediaan lahan, bermitra dengan pemerintah dan mereka menemukan
lahan seluas 2 Ha saat itu, bekas dari pabrik sekitar 2 km dari lokasi
permukiman kumuh mereka. Selain lahan, mereka juga mendapatkan bangunan pabrik
tua untuk pra-sekolah dan pusat komunitas. Lhan senilai USD 120.000 dibayar
oleh Perdana Menteri sebesar USD 40.000 dan kota sebesar USD 80.000. keseluruhan
159 rumah tangga berpindah ke lahan baru Juli 2003. Dan masyarakatpun
mendapatkan sertifikat tanah pribadi setelah tinggal di sana selama 5 tahun.
Selain itu dengan bantuan arsitek muda di UPDF, para penghuni membangun tatanan
permukiman dengan halaman bermain, pusat komunitas, bengkel daur ulang sampah
kolektif, dan 159 kapling rumah untuk permukiman 116 rumah tangga dari Prek
Toel dan 43 rumah tangga lain yang baru tergusur di daerah sekitarnya. Biaya rumahpun dengan sistem pinjam dari UPDF
sekitar USD 200-500, yang dicicil baik bulanan, mingguan atau harian. Lalu
untuk infrastruktur masyarakat membangun dengan hibah ringan dari UPDF dan
UN-HABITAT, para penghuni membangun 866 m jalan setapak batu, 2 saluran
drainase, pusat jahit-menjahit dan beberapa kakus bersama.
B.
Kemitraan Dalam Hal Pemukiman Kembali di Manila,
Filiphina
Pemukiman
kembali sekian ribu rumah tangga untuk membebaskan lahan perluasan rel kereta
di Metro Manila menjadi contoh bagus pengalihan permukiman tanpa kericuhan di
kaum miskin, dengan organisasi komunitas sebagai mitra kunci dalam prosesnya.
Tahun 1997 pemerintah mencanangkan megaproyek perluasan dan peningkatan rel
kereta Manila untuk transportasi dan kargo. Gagasan ini disambut baik di tengah
kondisi kota penuh kemacetan dan polusi. Proyek ini butuh lahan sepanjang 15
meter rel, dan 80.000 rumah tangga di permukiman kumuh sepanjang rel terancam
penggusuran.
Asian Development Bank semula akan memberikan
pinjaman bagi pemerintah Filipina untuk proyek ini, namun mundur karena
pengalihan permukiman bagi semua rumah tangga secara layak memakan biaya begitu
besar dan membuat proyek ini mustahil. Suatu konsorsium pemerintah Cina (tanpa
pedoman pengalihan permukiman yang ketat) lalu maju untuk menyokong pendanaan.
Proyek ini semestinya menyediakan relokasi “dalam kota” bagi rumah tangga yang
terkena proyek di selatan dan utara, sehingga orang tak berpindah terlalu jauh.
Karena Perusahaan Kereta Api Nasional Filipina merupakan badan usaha milik
negara, relokasi rumah tangga yang terkena proyek tak menjadi tanggung
jawabnya. Walau Kewenangan Perumahan Nasional mengawasi proses pemindahan
permukiman, tiap kota yang dilintasi rel kereta (dengan kebijakan dan
politiknya masing-masing) bertanggung jawab atas relokasi dalam batas daerah
masing-masing.
Pemukiman kembali memberi bagi tiap orang: Petak
lahan matang (40 m2) dengan harga subsidi USD 2.200, meliputi biaya pembangunan
jalan beton, saluran drainase, jaringan listrik, dan pasokan air untuk daerah
baru. Bahan bangunan senilai USD 870 plus USD 220 untuk tenaga kerja. Pinjaman:
Lahan matang, bahan bangunan, dan anggaran tenaga kerja diberikan dengan dasar
pengembalian biaya. Jumlah total USD 3.290 harus dikembalikan lewat cicilan
bulanan selama 30 tahun dengan bunga tahunan 6%.
Federasi
Masyarakat Tunawisma Filipina (The
Homeless Peoples Federation Philippines, HPFP) merupakan jaringan nasional
komunitas miskin perkotaan yang mempromosikan inisiatif komunitas dalam hal
lahan, naungan, sarana dasar, penghidupan, dan proses pembangunan perkotaan
yang melibatkan pemindahan permukiman kumuh yang rentan. Bertahuntahun federasi
ini mendukung kelompok simpan pinjam di permukiman sepanjang rel kereta api
selatan di Mutinlupa, dan sejak tahun 2003 bekerja intensif dengan permukiman
rel yang terkena proyek di keenam kota dalam proyek Rel Utara. Bagi federasi
ini krisis penggusuran dan bencana alam seringkali menjadi peluang emas untuk
menggerakkan komunitas miskin berinisiatif merencanakan masa depan yang lebih
baik dan aman. Pemukiman kembali ribuan rumah tangga di bawah Proyek Rel Utara
merupakan salah satu peluang tersebut: kesempatan mengubah pemindahan paksa
yang berpotensi jahat dan
menambah
kemiskinan menjadi proses relokasi yang dikelola komunitas, memuaskan bagi
masyarakat, dan merupakan langkah pertama dalam proses pembangunan menyeluruh
jangka panjang yang diusung komunitas. Di tiga kota permukiman rel kereta telah
memiliki koalisi yang kuat, koalisi inilah yang meminta bantuan HPFP. Setelah
membantu komunitas rel kereta di tiga kota membangun skema tabungan dan
melakukan survei rumah tangga secara rinci di permukiman terkena proyek, mereka
mendukung komunitas memulai dialog dengan pemerintah lokal mengenai syarat
pemindahan dan pemilihan tapak baru “dalam kota.” Mereka pun membangun
penampungan sumber daya di semua kota, menyelenggarakan kunjungan pertukaran,
dan mengajak para pemimpin komunitas mendatangi Payata terdekat untuk mengikuti
pelatihan 4 hari yang diselenggarakan komunitas miskin mengenai tabungan dan
perencanaan pemukiman kembali (www.achr.net).
C.
Kemitraan dalam Hal Perbaikan di Baan Mankong,
Thailand
Salah
satu contoh terbaik Asia dalam kemitraan komunitas dan pemerintah adalah
Program Perbaikan Baan Mankong Thailand, yang menempatkan komunitas permukiman
kumuh (plus jaringannya) sebagai pusat proses pembangunan solusi jangka panjang
menyeluruh untuk masalah lahan dan perumahan di 200 kota Thailand. Program
perbaikan komunitas pertama yang dilakukan Kewenangan Perumahan Nasional
berawal tahun 1977 dan merupakan upaya pertama pemerintah Thailand untuk
memberikan sarana dasar bagi permukiman kumuh yang ada, tanpa melihat status
pemilikan mereka. Ini adalah terobosan, yang menunjukkan semakin diterimanya
gagasan bahwa membiarkan masyarakat tinggal di tempatnya mungkin akan lebih
baik daripada penggusuran, seandainya perbaikan dapat dilakukan pada permukiman
tersebut. Akan tetapi program perbaikan awal ini dihantui oleh masalah
pengembalian biaya yang sulit, pengelolaan, dan kualitas. Pendekatan top-down
yang mahal, yang menempatkan satu organisasi pemerintah sebagai pekerja, tak
mampu bahkan sekedar untuk mendekati skala kebutuhan yang ada.
Pada
awalnya kawasan permukiman kumuh ini merupakan kawasan dengan struktur tata
ruang yang tidak tertata. Selain itu, di sudut-sudut kota yang gelap dan rawan
banyak dijadikan sebagai perdagangan obat- obatan terlarang. Tidak ada interaksi sosial yang dilakukan
antar warga dalam kawasan ini. Untuk mengatasi hal tersebut, pada Januari 2003
Pemerintah Thailand menyusun sebuah strategi baru dalam penanganan masalah
permukiman kumuh yaitu Baan Mankong (BMK) Community Upgrading Program. Baan Mankong (dalam bahasa Thailand berarti
“secure housing”) adalah sebuah program yang tidak hanya merencanakan
pembangunan unit-unit rumah bagi masyarakat tetapi lebih menekankan pada
penerapan konsep community-based development (pembangunan berbasis pemberdayaan
masyarakat). BMK Community Upgrading Program dilaksanakan bersama oleh beberapa
pihak terkait yaitu Community Organizations Development Institute (CODI)
(organisasi nasional atau NGO di bawah Departemen Sosial yang memberikan pendampingan
kepada warga), Pemerintah, pakar dari perguruan tinggi, dan warga komunitas
Bang Bua. BMK Community Upgrading Program merupakan salah satu upaya Pemerintah
Thailand dalam mewujudkan “cities without slums” Secara bertahap masyarakat
yang tergabung dalam komunitas Bang Bua dibawah pendampingan CODI melakukan
kegiatan rutin antara lain membersihkan sungai, membuat filter untuk limbah
rumah tangga, dan sebagainya. Program Perbaikan Baan Mankong menyalurkan dana
pemerintah, berupa subsidi infrastruktur dan pinjaman lunak perumahan, langsung
ke komunitas miskin. Mereka merencanakan dan melaksanakan perbaikan perumahan,
lingkungan, dan sarana dasar, dan mengelola anggaran tersebut sendiri. Sebagai
bagian program tidak konvensional yang diterapkan Community Organizations
Development Institute (CODI), komunitas miskin di 200 kota Thailand menjalin
kerja sama erat dengan pemerintah lokal, kalangan profesional, universitas, dan
LSM untuk melakukan survei semua permukiman di kota mereka dan merencanakan
proses perbaikan dalam waktu 5 tahun (Buletin Ciptakarya, 2009).
Sekitar
3.800 rumah tangga miskin hidup di 12 permukiman kumuh sepanjang Kanal Bang Bua
Bangkok. Setelah berabad-abad dihantui resiko harian kebakaran, penggusuran,
dan tuduhan mencemari kanal, masyarakat sepanjang kanal Bang Bua bergandeng
dengan Program Baan Mankong memperbaiki komunitas mereka dan mengupayakan
pemilikan lahan. Dengan kolaborasi kewenangan distrik, universitas setempat,
dan CODI, keseluruhan 12 komunitas Bang Bua membentuk jaringan, memulai
kelompok simpan pinjam, koperasi, dan menyiapkan rencana membangun kembali
permukiman mereka dan revitalisasi kanal. Komunitas bersekutu dengan kota
menghidupkan kembali kanal penting ini. Dengan dukungan jaringan kota 200
komunitas tepi kanal Bangkok, Bang Bua melakukan negosiasi sewa jangka panjang
lahan publik yang mereka tempati. Bang Bua meyakinkan pemerintah, pembangunan
kembali komunitas di tempat sama akan berdampak baik bagi penghuni maupun keseluruhan
kota. Setelah negosiasi panjang, pada penghuni mengajukan sewa bulanan USD 1-2
per rumah tangga, sesuai ukuran rumah. Rumah tangga membayar koperasi, yang
melakukan pembayaran kolektif kepada Departemen Keuangan. Tiga komunitas
pertama mulai pada Desember 2004 dan keduabelas komunitas akan selesai
diperbaiki dalam beberapa tahun. Selain rumah dan infrastruktur, kanal
diperbaiki dan jalur hijau baru selebar 5 meter dengan pepohonan di tepiannya
menyediakan akses menuju permukiman, ruang bermain anak-anak, juga tempat
bertemu dan berjualan para pedagang gerobak makanan dan barang. Komunitas Bang
Bua melaksanakan festival pembersihan kanal berkala, menggunakan kompos organik
dan tanaman air untuk membersihkan air kanal, dan terus bernegosiasi dengan
pencemar di hulu untuk mengurangi efluen beracun pada kanal. “Pasar terapung”
yang dikelola komunitas juga direncanakan (Sumber: CODI).
D.
Kemitraan dalam Hal Pendanaan Rumahdi Kota Cebu,
Filiphina
Kota Cebu di Filipina selatan telah menjadi tapak
banyak skema pembangunan kembali dan relokasi permukiman kumuh yang menciptakan
preseden, merangkul komunitas miskin, pemerintah kota, kalangan usaha swasta,
pemilik lahan, dan LSM dalam kemitraan efektif. Kota Cebu menunjukkan bahwa
kemitraan dengan komunitas miskin sebagai aktor utama dapat menyelesaikan
masalah perumahan kota satu per satu. Permukiman informal di Cebu tak lagi
sering mengalami penggusuran. Serangkaian pilihan praktis pengganti penggusuran
telah diuji, terus berkembang, dan menjadi pilihan lebih pasti: berbagi lahan
(land-sharing), pertukaran lahan (land-swapping), pembelian kembali
(buyingback), relokasi sukarela, dan pembangunan kembali in-situ. Perlu
bertahun-tahun untuk membangun komunitas kuat, pemerintah kota yang terbuka
menerima masukan, LSM berpola pikir tidak konvensional, dan kapasitas seluruh
kota untuk mewujudkan kemitraan. Salah satu kekuatan paling kreatif dan energik
di balik pendekatan inovatif Cebu terhadap komunitas miskin kota adalah
Pagtambayayong Foundation. 30 tahun LSM ini bekerja dengan komunitas miskin,
pemerintah kota, dan LSM lain dalam pengambilalihan lahan, perumahan sosial,
pendanaan perumahan, dan bahan bangunan murah. Pagtambayayong menyalurkan
lusinan pinjaman Program Pegadaian Komunitas (Community Mortgage Programme,
CMP). Bersama jaringan LSM dan organisasi komunitas, Pagtambayayong berjuang
menjaga keberlangsungan CMP melalui kampanye, perbaikan administrasi program,
dan perluasan pinjaman untuk menjangkau lebih banyak rumah tangga.
Banyak proyek perumahan di Cebu dimungkinkan oleh
Program Pegadaian Komunitas (CMP) pemerintah. Antara tahun 1993 dan 1997, CMP
menyediakan pinjaman bunga rendah tanpa jaminan (melalui penyalur dan asosiasi
komunitas) bagi 46.000 rumah tangga pemukim ilegal untuk membeli lahan dan
melegalkan situasi mereka, namun macetnya pengembalian dana menodai satusatunya
program perumahan negara yang langsung menjangkau kaum miskin perkotaan melalui
pendanaan proyek beranggaran sangat rendah yang dikelola komunitas, tanpa
melibatkan kontraktor maupun developer (Sumber:
ACHR).
·
SITUASI:
Komunitas pemukim ilegal beranggotakan 60 rumah tangga bercokol di lahan
bernilai komersial tinggi di belakang Rumah Sakit Cebu. Pemilik lahan ingin
membersihkan dan membangun lahan tersebut. Pagtambayayong membantu komunitas
melakukan negosiasi bagi lahan alternatif yang disetujui semua orang, berjarak
2 kilometer dari lokasi, di jalur hijau daerah pinggir kota Sareehay.
·
PERJANJIAN:
Sebagai imbal balik pemindahan, pemilik lahan bersedia “membeli kembali” lahan
dari tiap rumah tangga dengan harga negosiasi 1.000 Peso (USD 22) per meter
persegi (berdasarkan ukuran rumah), sebagai kompensasi biaya pemindahan dan
pembangunan kembali. Sebagai tambahan, pemilik lahan bersedia membeli dan
membangun utuh lahan alternatif yang telah disetujui komunitas, yang akan
dialihkan kepada komunitas lewat Sareehay Sanciangko Riverside Homeowners
Association, yang kemudian akan memecahmecah lahan tersebut menjadi sertifikat tanah
atas nama tiap rumah tangga.
·
PROYEK: Melalui
kontrak dengan Eco-Builders (usaha konstruksi Pagtambayayong), pemilik lahan
membayar survei lahan baru, pembangunan jalan, drainase, dan jaringan air di
Sareehay, sesuai rencana tapak komunitas yang digambar dalam beberapa sesi
kerja dengan bantuan Pagtambayayong. Rencana ini meliputi pusat komunitas,
lapangan bermain besar di bagian tengah dan kapling 36 atau 54 meter persegi,
bergantung pada status rumah tangga sebagai penghuni atau pemilik pada
permukiman lama.
·
RUMAH:
Masyarakat menggunakan uang pembelian kembali untuk membangun rumah baru.
Beberapa mengambil pinjaman CMP untuk menambah anggaran. Rumah-rumah bervariasi
dari gubuk bambu struktur panggung, hingga rumah blok kokoh 2 lantai.
Kebanyakan rumah tangga membangun sendiri menggunakan kembali bahan bangunan
dari rumah lama, namun beberapa mengontrak Eco-Builders untuk membangun
rumah-baris murah menggunakan batako dan atap semen-mikro. Atap dibuat tinggi
untuk menyediakan ruang bagi penambahan lantai dua kelak (Sumber: ACHR).
E.
Kemitraan dalam Hal Sanitasi
Sebagian
besar anggaran infrastruktur India tercurah ke kota, namun hanya sedikit
terkucur bagi sanitasi permukiman kumuh. Akibatnya, sebagian penduduk perkotaan
India tak memiliki akses terhadap kakus yang berfungsi. Beberapa terobosan di
Mumbai dan Pune menjadi contoh bagus mengenai hal yang terjadi saat pemerintah
menetapkan sanitasi sebagai prioritas, dan bergandeng tangan dengan federasi
komunitas miskin untuk menjamin setiap rumah tangga miskin di kota memiliki
kakus bersih. Jutaan masyarakat miskin di kota-kota India membuang hajat di
sepanjang jalan, rel kereta, dan jalan setapak, walaupun diteriaki, dicemooh,
dilempari, dan dipermalukan. Siapapun tak mau menahan perlakuan ini bila ada
pilihan lain. Kakus tak tersedia atau berada pada kondisi maupun lokasi
sedemikian buruk sehingga buang hajat di daerah publik lebih dipilih.
Permukiman kumuh India penuh dengan kakus umum rusak, tak terencana baik, tak
terpelihara, dan minim penerangan. Bagi perempuan dan anak-anak ini sangat
menyulitkan.
Pemerintah
mulai sadar, jika setengah penduduk kota hidup di lingkungan buruk dan tak
sehat, tanpa akses sarana dasar, ini merupakan kabar buruk bagi keseluruhan
kota. Akan tetapi kebanyakan pejabat yang membuat keputusan mengenai sanitasi
permukiman kumuh belum pernah melihat contoh nyata kakus yang dikelola
komunitas. Kurangnya pengetahuan ini membuat perubahan berjalan lamban. Sangat
sedikit contoh cara membuat kakus yang terjangkau, dapat direplikasi, dan berhasil.
Sejak 1995, persekutuan National Slum-dwellers Federation, Mahila Milan dan
SPARC membantu komunitas kumuh lebih dari 50 kota India merancang dan membangun
kakus yang dikelola komunitas. Mereka mulai kecil-kecilan dengan blok kakus 5
hingga 10 kamar di Mumbai, Kanpur, dan Bangalore. Kakus awal ini merupakan
uji-coba, contoh untuk dilihat dan dipelajari semua orang. Mereka menunjukkan
cara baru bagi komunitas miskin dan pemerintah untuk bekerja sama menyediakan
kakus yang lebih baik, murah, dan menggunakan sumber energi terbesar di India:
komunitas miskin.
Persekutuan
NSDF/MM/SPARC secara dramatis meningkatkan skala program bangunan kakus saat
mereka dikontrak untuk membangun 113 blok kakus (2.000 kamar) di Pune, melalui
inisiatif Pejabat Pemerintah Kota, kemudian 320 blok lainnya (6.400 kamar) di
Mumbai, di bawah Proyek Sanitasi Mumbai dengan dana World Bank. Kedua proyek
ini, yang menyediakan sanitasi bagi 1 juta masyarakat, saat ini telah rampung
dan kerja penyediaan kakus di kotakota lainnya siap dilaksanakan. Tantangannya
adalah menggunakan konstruksi 433 kakus ini untuk menciptakan norma dan standar
baru bagi rancangan, konstruksi, pengelolaan, dan pemeliharaan kakus berdana
pemerintah kota di komunitas miskin. Beberapa inovasi yang terlihat pada kakus
ini: Penyediaan sarana dasar: Strategi ini menciptakan lapangan kerja,
membangun keterampilan komunitas, dan mengubah hubungan antara kota dan
komunitas miskin, dengan membuat penyediaan layanan menjadi kerja sama dan
bukan aktivitas kontrak. Norma rancangan:
Blok kakus lama dari pemerintah tak memisahkan antara bagian pria dan wanita,
dan tak memiliki pasokan air bersih. Kakus baru dirancang dengan seperangkat
fasilitas, bagian pria dan wanita terpisah, kakus khusus anak-anak, urinal
terpisah, tempat mandi privat, pasokan air dan fasilitas penyimpanan, ruang
bagi pengantri, ruang pengurus, dan dalam banyak kasus ruang untuk toko teh dan
pan. Kontrak: Dalam banyak komunitas, perempuan melakukan kontrak kakus secara
keseluruhan, kemudian menggaji pekerja dari komunitas, mengelola uang,
mengawasi kerja konstruksi dan berkoordinasi dengan insinyur dan pengawas dari
pihak kota. Kemitraan: Proyek ini
mengubah cara kemitraan antara pemerintah kota dan komunitas, dan mengubah cara
kota berdialog dengan komunitas maupun LSM untuk melakukan kontrak penyediaan
layanan. Pendanaan: Di kedua kota, kota
membayar konstruksi kakus dan komunitas membayar untuk pemeliharaan, pasokan
air, dan listrik. Pemeliharaan: Kakus
ini dipelihara oleh komunitas – oleh penagih Mahila Milan yang menjangkau
seluruh kota, atau oleh komunitas lokal sendiri, dengan biaya bulanan ringan
sebesar 10 rupees (USD 0,25) per rumah tangga. Semua kakus memiliki ruang
pengurus di dalam (Sumber: ACHR).
F.
Kemitraan Dalam Hal Infrastruktur di Sri Lanka
Sistem
kontrak komunitas Sri Lanka menjadi contoh bagus mengenai cara pemerintah
memfasilitasi penyediaan sarana dasar dan infrastruktur bagi komunitas miskin
kota dengan anggaran dan upaya relatif kecil, dengan memberikan kontrak kerja
keseluruhan kepada komunitas, dan membiarkan mereka merancang, membangun, dan
mengelola perbaikan ini. Sekitar setengah populasi Colombo hidup di 1.506
permukiman miskin. Permukiman ini bervariasi dari 60 hingga 1.200 rumah tangga
– banyak di antaranya sangat-sangat tak terlayani. Sejak 1980 kebanyakan
komunitas ini didukung merencanakan dan melakukan sendiri perbaikan
infrastruktur, di bawah sistem kontrak komunitas. Gagasan kontrak komunitas
pertama muncul di bawah Program Sejuta Rumah, program pemerintah nasional yang
inovatif dan berbasis komunitas, diluncurkan tahun 1985 di 51 kota besar dan
kecil di Sri Lanka, dengan dukungan teknis dari National Housing Development
Authority (NHDA). Di bawah program ini, tiap komunitas membentuk dewan
pengembangan komunitas, yang kemudian melakukan survei dan pemetaan permukiman
yang ada, dan bekerja sama dengan staf NHDA untuk menggambar tatanan baru
perumahan, jalan, ruang komunitas, dan jaringan infrastruktur untuk tiap
komunitas. Di bawah Program Sejuta Rumah, komunitas dapat mengajukan pinjaman
ringan untuk mendukung proyek infrastruktur yang mereka rencanakan dan bangun
sendiri, melalui kontrak komunitas antara komunitas dan kewenangan setempat.
Alih-alih menyewa kontraktor dan insinyur, komunitas melakukan kerja pembangunan
sistem pasokan air, kakus, drainase, jalan setapak, dan jalur akses sendiri,
dan pemerintah mendukung mereka dengan bantuan teknis dan pendanaan. Sistem
kontrak komunitas memberikan kendali penuh bagi komunitas atas keseluruhan
proses penyediaan infrastruktur, dan cara ini sederhana, fleksibel, transparan,
dan berbasis komunitas. Antara 1984 dan 1989 lebih dari 38.000 rumah tangga di
Colombo mengalami peningkatan kondisi lingkungan dan perumahan secara dramatis
di bawah program ini, yang kemudian berdampak positif bagi kesehatan dan
kesejahteraan ekonomi mereka. Program Sejuta Rumah berakhir mendadak tahun
1993, namun sistem kontrak komunitas masih hidup di Sri Lanka, dalam skala yang
lebih kecil, dan masih memberdayakan komunitas untuk merancang, menerapkan,
mengelola, dan memelihara infrastruktur permukiman mereka sendiri, dengan
dukungan dari pemerintah, kewenangan lokal, LSM, dan badan lainnya (Sumber: Sevanatha).
Perbaikan
di Komunitas Poorwarama, Colombo menjadi contoh bagus kemitraan pemerintahkomunitas
yang diusung oleh sistem kontrak komunitas, untuk penyediaan sarana dasar bagi
komunitas miskin. 109 rumah tangga di Poorwarama direlokasi ke tempat ini tahun
1999 dari permukiman mereka yang berusia 50 tahun, lewat perjuangan penggusuran
yang panjang dan pahit, demi pelaksanaan proyek pembangunan rumah sakit. Rumah
tangga miskin ini akhirnya berhasil melakukan negosiasi paket pemukiman kembali
yang memberi kapling 50 meter persegi di lahan berdekatan yang mereka cari
sendiri, dan sejumlah kecil kompensasi uang untuk membangun rumah sementara –
tanpa sarana dasar. Dengan bantuan LSM Sevanatha, mereka mengidentifikasi dan
membuat prioritas kebutuhan, kemudian membagi perbaikan permukiman menjadi
beberapa proyek terpisah untuk diajukan sebagai proposal kontrak komunitas
kepada Urban Settlement Improvement Project (USIP) atau Road Development
Authority (RDA) untuk didanai. Infrastruktur yang dibangun adalah :
·
Keran individu:
Kontrak komunitas pertama melibatkan pembangunan sistem penyediaan air yang menghubungkan
keseluruhan 109 rumah dengan sambungan pipa bermeteran, didanai hibah USD 6.000
dari RDA, untuk itu komunitas memberikan kontribusi sebesar USD 36 per rumah
tangga. Keseluruhan sistem dibangun penghuni lokal dengan gotong royong.
·
Drainase air
kotor: Kontrak ke dua melibatkan pembangunan sistem drainase air kotor terbuka
meliputi seluruh komunitas, terhubung dengan kamar mandi dan dapur tiap rumah
tangga, didanai hibah USD 9.500 dari USIP, dengan kontribusi komunitas sebesar
USD 5 per rumah tangga. Mereka mengelola konstruksi sendiri, menyewa pekerja dari
komunitas.
·
Jaringan air
kotor: Kontrak selanjutnya adalah sistem air buangan bawah tanah untuk limbah
kakus dari keseluruhan 109 rumah. National Housing Development Authority
menyediakan hibah USD 13.500, dengan kontribusi komunitas sebesar USD 5 per
rumah tangga. Rumah tangga merancang, membangun, dan memelihara, menggunakan
tenaga sewa dari komunitas, dengan bantuan teknis Sevanatha. Tiap rumah tangga
bertanggung jawab atas kakus masing-masing.
G.
Kemitraan dalam Program Pemulihan Pasca Bencana Tsunami
- Thailand
Kebanyakan
kerja pemerintah dalam pemulihan paska bencana dilakukan melalui pendekatan
kesejahteraan, yang melihat masyarakat sebagai korban tak berdaya. Bantuan
memang sangat dibutuhkan setelah bencana besar, namun pengalaman tsunami 2004
Thailand menunjukkan, saat komunitas dapat didukung melakukan sendiri pemulihan
dan rehabilitasi, bermitra dengan pemerintah dan badan pemulihan, tak ada yang
tertinggal, dan proses ini memperkuat komunitas. Setelah tsunami menyerang
Thailand selatan, Community Organizations Development Institute (CODI) bertemu
dengan LSM, kelompok warga, jaringan komunitas, dan organisasi pemerintah di
wilayah selatan negara itu untuk mencari cara kerja sama membantu korban
tsunami di enam propinsi yang hancur. Sudah jelas bahwa penyediaan pemulihan
cepat dan efektif setelah bencana besar semacam ini jauh di luar jangkauan
penanganan pemerintah atau organisasi manapun sendiri-sendiri. Kerja ini
membutuhkan gabungan dukungan, keterampilan, dan sumber daya sebanyak mungkin
kelompok, individu, badan pemulihan, dan jaringan komunitas. Save the Andaman
Communities Network buru-buru dibentuk dan kelompok kerja dikirim ke tiap
propinsi yang terkena untuk melakukan survei kerusakan dan menyediakan bantuan
pemulihan bagi masyarakat di desa-desa korban tsunami dalam bentuk tenda,
pakaian, obat-obatan, makanan, air, peti mati, dan penyapuan untuk mencari
korban tewas. Dalam seminggu, kerja pembangunan perumahan sementara di kamp pemulihan
dimulai. Selain mengakibatkan kematian dan kerusakan, tsunami membuka banyak
masalah yang tersembunyi sebelumnya: kemiskinan, ketimpangan sosial, dan
ketidakpastian pemilikan lahan. Tsunami juga menciptakan masalah baru saat
penghidupan masyarakat, struktur sosial, sistem pertahanan hidup, dan cara
hidup tersapu begitu saja, bersama dengan rumah dan perahu mereka. Semua
kemalangan membawa peluang tak terduga bagi komunitas pesisir yang rawan ini,
untuk memanfaatkan proses pemulihan sebagai cara memecahkan masalah lebih dalam
dan struktural yang akan mengacaukan masa depan mereka (Sumber: www.achr.net).
Pemulihan yang dikelola masyarakat di Kamp Bang
Muang – Thailand
Segera
setelah tsunami, jelas bahwa kebutuhan paling mendesak adalah rumah sementara
untuk mengembalikan masyarakat yang tercerai-berai agar dapat menata diri,
berdiskusi, menetapkan prioritas, dan mulai membangun visi kolektif akan masa
depan mereka. Kamp segera didirikan oleh organisasi bantuan dan badan
pemerintah di sepanjang pesisir Andaman. Di Phangnga, propinsi yang menderita
kerusakan paling parah, jaringan CODI membantu pendirian lima kamp – yang
pertama dan terbesar di Bang Muang. Walau direncanakan untuk 400 orang, kamp
ini akhirnya menaungi 3.500 orang, kebanyakan dari daerah terdekat, Ban Nam
Khem, desa terkena paling parah dengan lebih dari 2.000 orang tewas dan 1.300
rumah hancur. Keunikan Kamp Bang Muang adalah pengelolaan yang dilakukan korban
tsunami sendiri. Pemimpin jaringan komunitas, pelaksana dari CODI, dan LSM
bekerja sama dengan para korban selamat menata kamp ini. Setelah menempatkan
kakus, area mandi, tenda masak, dan ruang kegiatan pemulihan, mereka membuat
barisan tenda rapi dengan sistem kelompok 10 rumah tangga dan zona 3 kelompok,
masing-masing memiliki pemimpin. Panitia dibentuk untuk mengelola masak,
kebersihan kamp, air bersih, layanan medis, kunjungan, kegiatan anak-anak,
orang hilang, pendaftaran pendatang baru, donasi, dan konstruksi rumah
sementara. Pertemuan kamp digelar tiap malam untuk mendiskusikan aspek praktis
pengelolaan kamp, menyiarkan pengumuman, dan memberikan kesempatan panitia
melaporkan kerja mereka sehari itu. Semua tahu apa yang tengah terjadi dan
semua keputusan dilakukan di depan khalayak, dengan persetujuan semua orang.
Bengkel perbaikan kapal mulai didirikan, kelompok simpan-pinjam dan bank
komunitas, dan proyek kelangsungan penghidupan diluncurkan untuk menggerakkan
masyarakat, di tengah hadangan hilangnya mata pencaharian dan kompensasi
pemerintah yang lamban. Ada banyak duka tentu, namun yang mengejutkan banyak
pengunjung Bang Muang adalah suasana yang begitu hidup, seperti perayaan desa,
bukan kamp pengungsian. Kehidupan jelas berjalan terus (www.achr.net).
H.
Alat-Alat yang digunakan Komunitas untuk Membangun
Organisasi Mereka
Alat 1 :
Pendataan Permukiman
Pendataan permukiman oleh masyarakat miskin dapat
menjadi alat penuh daya, sekaligus penggerak komunitas. Saat komunitas dan
jaringan melakukan survei permukiman miskin dan informal, mereka kerap
mengumpulkan data yang belum pernah terkumpul sebelumnya tentang angka,
penghidupan, masalah, dan kondisi kehidupan segmen besar populasi perkotaan.
Karena informasi yang dikumpulkan masyarakat seringkali lebih akurat dan
komprehensif dibandingkan dengan data pihak berwenang, hasilnya adalah
perencanaan lokal yang lebih baik dan tepat, dan ini bisa menjadi alat yang
kuat untuk melakukan negosiasi lahan dan akses pemilikannya. Informasi survei
yang baik menempatkan komunitas pada posisi yang proaktif saat bernegosiasi.
Dengan data rinci, pemerintah lokal juga lebih mudah menjustifikasi dan
menempatkan intervensi. Survei juga memberikan tiap orang pada permukiman
informal suatu identitas resmi, seringkali untuk pertama kalinya.
Alat 2 :
Pemetaan Komunitas
Untuk organisasi
komunitas seluruh Asia, satu bagian penting dari proses pengumpulan data mereka
adalah membuat peta permukiman, yang mencakup rumah, toko, bengkel, jalan, titik
air, tiang listrik, dan titik bermasalah, sehingga masyarakat dapat memiliki
gagasan visual mengenai situasi fisik mereka. Pemetaan merupakan cara membangun
keterampilan yang vital saat membicarakan rencana perbaikan permukiman dan
mengakses intervensi pembangunan. Di Thailand, misalnya, komunitas tepi kanal
menggambar peta berskala permukiman mereka, sebagai bagian dari perencanaan
pembangunan kembali, dan melakukan perjalanan ke daerah hulu untuk mencari dan
memetakan sumber pencemaran dari pabrik, rumah sakit, restoran, dan saluran air
kotor. Mereka mempelajari keterampilan ini dari penghuni kanal lainnya. Peta
komunitas ini, dengan informasi rinci, akurat, tangan pertama mengenai sumber
pencemaran, menjadi alat perencanaan dan penggerakan sekaligus kartu efektif
untuk melakukan negosiasi atas pemilikan yang aman, melawan kewenangan yang
seringkali menyalahkan komunitas sebagai pencemar kanal.
Alat 3 : Simpan
Pinjam Komunitas
Untuk jaringan,
federasi, dan organisasi komunitas di Asia, simpan-pinjam komunitas telah
menjadi salah satu elemen fundamental dalam pertumbuhan dan keberhasilan mereka
menggulirkan perubahan bagi kehidupan masyarakat miskin. Tak berlebihan untuk
mengatakan bahwa simpan pinjam kolektif telah menciptakan revolusi bagi
organisasi komunitas di Asia.
Pada saat kelompok
simpan-pinjam saling terhubung, terdapat jaringan yang membuka akses terhadap
sumber pendanaan lebih besar dan meningkatkan kekuatan negosiasi untuk
mendapatkan kebutuhan. Kelompok ini memungkinkan organisasi komunitas miskin
menjadi mitra setara bagi badan pemerintah dan LSM, karena dengan memiliki
sumber daya sendiri, mereka tidak lagi berada pada posisi pengemis karena dapat
memutuskan sendiri pembangunan yang mereka inginkan. Proses ini berimplikasi
politis, karena semakin kuat status jaringan simpanpinjam, semakin memungkinkan
kaum miskin untuk berhadapan dengan isu struktural yang melandasi masalah
mereka. Seiring pertumbuhan jaringan, mereka menjadi mitra pembangunan yang
dipilih pemerintah lokal maupun nasional untuk bekerja sama menciptakan solusi
masalah perumahan, pemilikan lahan, infrastruktur, lingkungan, dan
kesejahteraan. Kelompok simpanpinjam komunitas juga dapat menjembatani jurang
antara sistem keuangan informal dan formal. Pinjaman untuk perumahan, lahan, dan
proyek pembangunan infrastruktur di komunitas miskin kini disalurkan secara
kolektif, melalui kelompok simpan-pinjam di berbagai negara.
Kelompok simpan-pinjam
kecil yang berserakan, saat berkembang dan bertambah mapan hampir pasti akan
terhubung dengan kelompok lain dan membentuk jaringan berskala lebih besar
dengan basis keuangan atau organisasi yang saling terhubung. Jaringan
menyediakan dukungan horizontal bagi satu komunitas dan peluang untuk bertukar
pengalaman dan belajar. Jaringan juga menciptakan peluang pengumpulan sumber
daya. Kolaborasi semacam ini menyediakan akses terhadap sumber dana, rasa setia
kawan, dan kekuatan yang lebih besar saat bernegosiasi dengan negara atau aktor
lain dalam hal pemilikan dan sumber daya perkotaan. Proses ini berimplikasi
politis, karena semakin kuat status jaringan, semakin memungkinkan bagi kaum
miskin untuk berhadapan dengan isu struktural yang lebih besar yang melandasi
masalah mereka – isu di luar kapasitas mereka sebelumnya, sebagai komunitas
kecil terasing. Jaringan menempatkan masyarakat miskin pada posisi tawar lebih
kuat dan membuktikan bahwa proses pembangunan komunitas swakelola bisa berjalan
dan mampu melakukan kerja berskala kota, yang tak mampu dilakukan oleh sistem
dan institusi yang ada selama ini. Hal penting lain terkait perbesaran skala
kerja, komunitaslah – bukan individu – yang harus merancang dan menguji solusi,
dan bila berhasil, membaginya dengan yang lain. Bila keseluruhan komunitas tak
berhasil melintasi perubahan dalam mencari solusi, mereka takkan berhasil
memberdayakan para pemimpin untuk menetapkan pilihan yang baik. Untuk itu, kita
perlu sistem belajar yang menjangkau keseluruhan komunitas, yang membawa makin
banyak orang tertarik dan mempertajam visi keseluruhan komunitas. Jaringan
komunitas menyediakan sistem pembelajaran semacam ini.
Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
BalasHapusAnda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.
,,.,KISAH NYATA ,,,,,,,
HapusAslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya stelah bergabung dengan KI JAMBRONG hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI JAMBRONG di No 0853-1712-1219. Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih KI JAMBRONG saya tidak akan melupakan jasa AKI. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB KI JAMBRONG DI 0853-1712-1219. (TANPA TUMBAL/AMAN).
Halo untuk siapa pun yang membaca artikel ini, Nama saya Jude El nino dari sebagian Spanyol dan Indonesia, namun dibesarkan di Filipina, di mana hal-hal yang begitu keras, perekonomian sangat buruk, saya ingin memulai sebuah pabrik susu tapi tidak ada modal untuk memulai proyek besar dan mimpi, dan bank menuntut begitu banyak untuk collecterial, jadi saya memutuskan untuk melihat secara online sampai saya bertemu dengan beberapa perusahaan tetapi mereka scammed permintaan untuk satu kali pembayaran ke yang lain, jadi saya hampir menyerah sampai aku melihat sebuah artikel dari seseorang yang bersaksi tentang perusahaan pinjaman Mr. Dangote, pada awalnya saya pikir itu sama dengan perusahaan orang lain atas tuduhan penipuan uang thier kecil, tapi aku mengumpulkan keberanian untuk mengikuti kebijakan mereka dan sekarang aku CEO perusahaan susu waktu kecil dengan setidaknya 12 pekerja dan saya melakukannya dengan baik, berdoa untuk memperluas, jadi jika Anda membaca artikel ini, perusahaan pinjaman Mr Dangote adalah nyata dan begitu berlaku dan mendapatkan uang Anda sendiri Via pinjaman Dangotegrouploandepartment@gmail.com dan tingkat bunga hanya 1,5% dan pastikan ketika Anda mendapatkan pinjaman Anda, Anda membayar angsuran bulanan Anda tanpa penundaan, dan jika Anda tidak mengerti proses hubungi saya Via judeelnino@gmail.com
BalasHapusHalo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
BalasHapusBeberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.
Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.
Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman
Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
BalasHapusAnda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.
Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
BalasHapusAnda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.
Halo, Saya cunson hamilton Katheren, saat ini tinggal di Texas, Amerika Serikat. Saya seprated kali ini dengan tiga anak-anak dan aku terjebak dalam situasi keuangan Mei 2015 dan saya perlu untuk membiayai dan membayar tagihan saya. Saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari berbagai perusahaan pinjaman pribadi dan perusahaan tetapi tidak pernah dengan sukses, dan sebagian besar bank menolak kredit saya. Demi Allah, saya membaca sebuah artikel online dan saya memutuskan untuk mencoba, Pada awalnya saya sangat takut tapi saya mencoba memberikannya karena pada saat itu dalam hidup saya, saya tak akan kehilangan, jadi saya mengikuti arahan mereka dan melakukan aything saya diminta untuk melakukan sebelum pinjaman saya dapat diberikan, saya sangat takut pada saat itu, tapi aku bilang hari ini sebagai tuhan adalah saksi saya, saya sekarang seorang pemilik usaha kecil dan saya membayar kembali pinjaman saya di bunga yang lebih rendah dari 1,5% tanpa masalah, Percayalah dengan perusahaan ini saya jamin tidak akan menyesal, tidak ada pemeriksaan kredit, tidak ada co penandatangan dengan tingkat bunga hanya 1,5% dan pembayaran yang lebih baik rencana dan jadwal, silahkan hubungi Mr Dangote perusahaan pinjaman ( dangotegrouploandepartment@gmail.com). Dia tidak tahu bahwa aku melakukan ini tapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk membiarkan orang tahu lebih banyak tentang dia dan Tuhan memberkati alsoi ingin lebih. Anda dapat menghubungi dia melalui email-nya.
BalasHapusdangotegrouploandepartment@gmail.com dan saya juga menyadari bahwa beberapa dari Anda mungkin berpikir itu adalah stres tapi tidak, saya tidak pernah scammed $ 5.000 yang membuat saya merasa ingin menyerah tapi hari ini semua berkat Allah Mahakuasa dan Mr Dangote. jadi hubungi saya di Cunsonhamilton342@gmail.com atau hubungi saya di nomor (682) 233-0439 untuk informasi, Nikmati
Aku Mrs.Mary Willson, uang pinjaman, menawarkan berbagai macam jasa keuangan (LOAN) untuk individu dan pemilik bisnis. Kami bekerja dengan individu, kecil, menengah, dan usaha skala besar untuk membantu mereka baik memulai atau memperluas ke wilayah-wilayah baru. Kami membantu mendanai usaha kecil bila diperlukan paling untuk memperluas bisnis yang ada, membeli peralatan modal, membayar biaya dan untuk kebutuhan lainnya seperti iklan, sewa, renovasi dll Salam, (marywillsonloanfirm@gmail.com
BalasHapusPribadi
Akun saya) Kebahagiaan Anda adalah perhatian kami.
Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
BalasHapusBeberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.
Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.
Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman
KABAR BAIK!!!
BalasHapusNama saya Aris. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah penipuan oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 Juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.
Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.
Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan kehilangan Sety saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.
Saya Widaya Tarmuji, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.
BalasHapusTapi Tracy Morgan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati
Saya Widaya Tarmuji, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.
BalasHapusTapi Tracy Morgan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati
Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
BalasHapusAnda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.
Halo Setiap Satu, nama saya wanita Jane alice dari Indonesia, dan saya bekerja dengan bersatu bangsa kompensasi, dan kami telah mendengar dan juga membuat pinjaman dari perusahaan pinjaman, saya cepat ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia yang mencari pinjaman di internet sangat berhati-hati untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak lender kredit palsu di sini di internet dan beberapa dari mereka adalah asli dan nyata, aku ingin meluncur kesaksian tentang bagaimana Tuhan menuntun saya untuk pemberi pinjaman dan Pinjaman nyata genue telah mengubah hidup saya dari rumput rahmat, setelah saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman kredit di sini di internt, saya kehilangan banyak uang untuk membayar biaya pendaftaran, isurance, pajak, dan setelah pembayaran saya masih tidak mendapatkan saya pinjaman. Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah scammed kali uang tanpa mendapatkan pinjaman dari perusahaan mereka sehingga saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari online genue kredit pemberi pinjaman yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk menghubungi seorang teman saya yang baru-baru mendapat pinjaman online, kita membahas kesimpulan kita tentang masalah dan dia bercerita tentang seorang wanita yang disebut Mr Dangote yang merupakan CEO dari Dangote Pinjaman Perusahaan. Jadi saya diterapkan untuk jumlah pinjaman (Rp400,000,000) dengan tingkat bunga rendah 2%, tidak merawat usia saya, karena saya mengatakan kepadanya apa yang saya ingin menggunakan uang itu untuk membangun bisnis dan pinjaman saya disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan pada transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah pendaftaran pinjaman, sudah disimpan ke bank dan mimpi saya datang melalui. Jadi saya ingin saran yang membutuhkan genue panggilan pinjaman cepat sekarang email di Dangotegrouploandepartment@gmail.com. dia tidak tahu bahwa aku melakukan ini. Saya berdoa agar Tuhan memberkati dia untuk hal-hal baik yang telah dilakukan dalam hidup saya. Anda juga dapat menghubungi saya di ladyjanealice@gmail.com hari yang indah lebih info..
BalasHapusKABAR BAIK! KABAR BAIK!! KABAR BAIK!!!
BalasHapusApakah Anda berpikir untuk mendapatkan bantuan keuangan, apakah Anda serius membutuhkan pinjaman mendesak, apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berada di utang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda karena kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman usaha, dan kredit korporasi, dan segala macam pinjaman pada tingkat bunga 2%. Hore !!! Hampir sampai ke akhir tahun ini dan kami stella kelompok Perusahaan Pinjaman, kami menjamin semua klien berharga kami bahwa mereka akan mendapatkan semua pinjaman individu dengan senyum di wajah mereka.
Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: (stellagrouploancompany@gmail.com)
Informasi Peminjam:
Nama lengkap: _______________
Negara: __________________
Sex: ______________________
Umur: ______________________
Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
Pinjaman Durasi: ____________
Bunga pinjaman: _____________
Nomor telepon: ________
Stella Group Company Pinjaman
(Stellagrouploancompany@gmail.com)
Apakah Anda mencari pinjaman? Atau apakah Anda menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Anda memiliki tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Anthony Yuliana Lender memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2%. Silahkan hubungi kami melalui e-mail hari ini melalui anthony.yulianalenders@gmail.com
BalasHapusApakah Anda mencari pinjaman? Atau apakah Anda menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Anda memiliki tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Anthony Yuliana Lender memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 1%. Silahkan hubungi kami melalui e-mail hari ini melalui anthony.yulianalenders@gmail.com
BalasHapusHalo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
BalasHapusBeberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.
Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.
Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman
Good Day,
BalasHapusDO YOU NEED A LOAN IF YES GET BACK TO US NOW, EMAIL US at (anatiliatextileltd@gmail.com) I want you to know that i am an approved and certified lender with years of experience in lending and i give out loan ranging from $5,000.00 Dollar to $80,000,000.00 USD with a fixed interest of 1% on an annual basis. She received her loan of $50,000.00 from my company.
I will relish the opportunity of doing business with you and also help to put your financial problems behind you by offering you a loan. You are in the right place and i will want to assure you that you will be glad for knowing a lender like me . If serious and want to take a loan from our company, if you are interested fill the borrower"s information below so that we may commence the processing of your loan.
BORROWERS INFORMATION,if you are interested fill the borrower"s information below so that will can proceed.
LOAN INFORMATION NEEDED:
Name :
Country :
Phone number :
Amount Needed as Loan :
Purpose of Loan :
Loan Duration :
Monthly Income :
Have you applied for loan online before (yes or no)
OUR COMPANY CONTACTS :
Company Email : (anatiliatextileltd@gmail.com)
Company Email : (Emaill: bdsfn.com@gmail.com)
Company Motto : Your Happiness is our Award for Good Service (getting your financial stand is all we desire)
Thanks and do hope to hear from you soonest so that we may send you the loan Terms,Conditions and Repayment Schedule
Your swift response to this mail will be greatly appreciated.
All email must be sent to (Emaill: bdsfn.com@gmail.com)
Best Regards
Mrs. Magaret Becklas
Halo, nama saya Yusi Retnowati dari Indonesia, silahkan saya sarankan semua orang di sini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak lender pinjaman palsu di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah scammed oleh 8 lender pinjaman yang berbeda, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang saya karena utang.
BalasHapusSaya hampir menyerah sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang memperkenalkan saya ke pemberi pinjaman kredit asli dan perusahaan yang sangat handal yang Karen Mark Keuangan Perusahaan Pinjaman yang saya dapatkan pinjaman saya sebesar 500 juta rupiah indonesia (Lima ratus juta indonesian rupiah) di kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres yang pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, jadi saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres dari Ibu Karen Mark.
Saya ingin Anda percaya Ibu Karen Mark sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (karenmarkfinancialloancompany@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya, jika Anda menemukan kesulitan untuk mengajukan pinjaman dari perusahaan. (Yusiretnowati010@gmail.com). Tuhan membantu Anda dan sangat berhati-hati
BalasHapusTuan Nyonya
Terutama di seluruh dunia, Anda perlu pinjaman uang antar individu untuk mengatasi kesulitan keuangan akhirnya memecahkan kebuntuan diprovokasi oleh bank, oleh penolakan file aplikasi pinjaman Anda. Kami adalah jaringan ahli keuangan swasta mampu membuat pinjaman untuk jumlah yang Anda butuhkan dan dengan kondisi yang membuat hidup Anda lebih mudah. Kami dapat membantu Anda dalam bidang berikut:
Keuangan *
* Home Loan
* Investasi Pinjaman
* Auto Pinjaman
* Konsolidasi hutang
* Line of Credit
* Kedua Mortgage
* Akuisisi kreditan
Anda terjebak, Bank dilarang dan Anda tidak mendapatkan manfaat dari bank atau Anda lebih baik memiliki sebuah proyek dan membutuhkan pembiayaan, kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, uang untuk berinvestasi pada bisnis. Sementara kami siap melayani anda untuk aplikasi pinjaman pribadi Anda dari € 500 sampai € 10 juta untuk masing-masing tertentu dapat membayar tingkat bunga 2%. Kami berada dalam posisi untuk memenuhi peminjam kami dalam waktu 2 jam sejak diterimanya permohonan mereka.
Silahkan hubungi kami untuk lebih jelasnya;
dangotegrouploandepartment@gmail.com
dangotegrouploan.wordpress.com